Khasiat Propilis

Menurut Roy Kuspinel, M.D. Maitland, Florida, terdapat banyak khasiat penyembuhan dalam propolis, beliau Berkata: “Saya menyarankan propolis kepada banyak pasien saya sebagai suplemen yang aman. Apabila dikonsumsi secara teratur, propolis bekerja sebagai antibiotik yang melawan hampir semua penyakit tanpa efek samping berbahaya” Lebah-lebah bergantung kepada propolis selama 46 juta tahun. Tentu saja hal ini perkara yang benar, karena sarang mereka mengandung lebih sedikit bakteri dan lebih steril dibandingkan rumah sakit. Propolis sungguh menakjubkan,

Sumber Tenaga

John Diamond, M. D. Dari valley Cottage, New York dan President International Academy of Preventive Medicine, melihat beberapa manfaat dari propolis, “Dari semua suplemen yang telah saya uji, propolis lebah atau resin lebah didapati sangat bermanfaat bagi thiroid yang bergelar tenaga kehidupan”. Propolis telah menjadi subjek bagi banyak penelitian di beberapa negara Eropa. Selama beberapa tahun propolis berkhasiat melawan bakteri, virus dan jamur. Kami mengetahui ini disebabkan propolis mengaktifkan kelenjar thiroid yang meningkatkan sistem imun. limuwan mengakui pentingnya memiliki kelenjar thiroid yang kuat. Kelenjar ini terletak di pangkal leher, Pada thiroid terdapat limfosit yang sedang dibentuk. Limfosit memberikan kekebalan terhadap penyakit dan infeksi.

Khasiat Anti Bakteri

Ilmuan terkenal dari Rusia, V.P. Kivalkina dalam majalah antibiotics, menjelaskan tentang pengujian khasiat anti bakteri dalam propolis. Beliau meneliti tentang khasiat dari 28 jenis propolis yang berasal dari Rusia, Bulgaria, dan Cekoslovakia. DR. Kivalkina menyatakan bagaimanapun cara propolis diambil, tetap memiliki khasiat tersendiri, dan tetap memiliki khasiat antibakteri walaupun setelah disimpan beberapa tahun.

Membersihkan Sel dan Pembuluh Darah

Ilmuan Eropa V. A. Balalykin melaporkan bahwa propolis mempunyai khasiat membersihkan sel darah, mengaktifkan dan menghancurkan bakteri berbahaya. Dalam banyak pengujian didapati propolis meningkatkan reaksi fagositosis, Suatu proses yang menggerakkan sel darah putih untuk menyelubungi dan mencerna bakteri dan toksin. Proses ini kemudian dikeluarkan dari pembuluh darah, Hal ini adalah pembersihan mandiri dari sel darah. Propolis pada intinya merangsang dan mempercepat proses pencernaan staphylococci (bakteri penyebab keracunan makanan) dan meningkatkan pembersihan sel dan pembuluh darah. Propolis menyediakan reaksi penyembuhan.

Melawan Flu

 

Ilmuan N.R lojris dari USSR mendapati propolis memiliki efek melawan flu. Flu atau influenza ialah penyakit infeksi virus yang umumnya menyerang rongga pernafasan. Menyebabkan demam, sakit kepala dan keletihan. Virus ini dapat menjadi berbahaya, terutama apabila menyerang paru-paru. DR, Lojris melaporkan bahwa ekstrak propolis memiliki efek pencegahan (therapeutic prophylactic benefit) bukan saja untuk flu tapi untuk penyakit lain yang disebabkan oleh virus.

Melawan Infeksi Virus

K A. Kuzmina seorang ilmuwan Uni Soviet menyatakan propolis memiliki efek memperkuat sistem pertahanan tubuh. Dengan propolis efek antivirus oleh fagositosis ditingkatkan. Kandungan protein Properdin yang melawan virus juga ditingkatkan dalam darah.

Melawan Masalah Gastointestinal (Usus)

Propolis memberikan efek menyehatkan bagi lambung dan usus halus. Lambung dan usus sering mengalami tukak dan tumor. Para peneliti Sovyet mendapati propolis : meningkatkan daya tahan terhadap pembentukan tukak, mempercepat penyembuhan jika terdapat DR. F. D. Makarov melaporkan tentang penggunaan propolis terhadap beberapa pasien yang mengalami masalah gastrointestinal. Gejala penyakit seperti Mual, kolik, kurang nafsu makan, iperacidity dan hipoacidity (kelebihan dan kekurangan asam lambung). Kepada mereka diberikan 20 tetes propolis 3 kali sehari.

HASIL :
Setelah 3 sampai 5 hari, semua pasien tidak merasakan rasa sakit. Asam lambung menjadi normal. Mual dan kolik hilang sepenuhnya. Begitu juga dengan pembengkakan hati dan tukak lambung dapat disembuhkan. Hal ini terjadi dalam waktu 10 sampai 12 hari. Pemakaian propolis secara teratur tiap harinya dapat memulihkan masalah usus secara alamiah.
FAKTA :
Para ilmuwan menegaskan “berdasarkan fakta yang telah dipublikasikan, kita dapat merumuskan bahwa propolis adalah obat alamiah yang berkhasiat antitoksik, anti radang, dan anestatis. Propolis juga dapat menstabilkan fungsi penyerapan dalam saluran cerna. Dapat diberikan bagi penderita tukak lambung dan usus.”

Membantu Menyelesaikan Masalah Kulit

Pakar dermatologi DR. T.V. Vinogradove dan DR. Zajceva menyatakan tentang kegunaan propolis yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti masalah kulit dibagian muka, tengkuk, paha dan sebagainya. Sedikit perubahan juga terjadi pada ari-ari, alat kelamin dan kaki. Propolis bekerja dengan sangat baik terutama pada penderita neurodermatitis yang kronik.

Penyembuh Kulit Pada Anak

 

Obat luar propolis telah digunakan sejak 1962 di K. A. Rachtuss Children’s hospital, dan kini telah diakui mempunyai efek penyembuhan. Pasien-pasien yang mempunyai luka atau bayi yang memiliki masalah jaringan, telah dioleskan dengan obat luar propolis. Ilmuwan G.F Zabelina melaporkan bahwa propolis bekerja menghalangi pembengkakan dan menyembuhkan luka infeksi. Sebagai tambahan propolis juga meningkatkan pertumbuhan kulit baru. DR. Zeibalina juga menyarankan propolis untuk digunakan pada bagian kulit yang melepuh dan terkelupas.

Penyembuhan Dengan Propolis

Ilmuwan dari seluruh pelosok dunia melaporkan penyembuhan secara dinamis dengan mengkonsumsi propolis. Seperti yang dilaporkan dalam American Chiroproctor,

Penyakit Radiasi

Di institute of Radiology, Sarajevo, Yugoslavia sekelompok praktisi pengobatan (I. Osmanagic, D. Beljenki, N Mavric) Merawat beberapa pasien yang mengidap komplikasi akibat radiasi. Pasien-pasien ini mengalami kerusakan hati yang serius, metabolisme protein yang sempurna, serta kesan dari sinar X dan Y. Pasien-pasien tersebut diberikan propolis selama 2 bulan. Kelompok pasien dengan penyakit sama yang lain diberi obat placebo. Hasil yang terlihat ialah pasien yang mengkonsumsi propolis mengalami penurunan kerusakan hati dan sebagian sembuh sepenuhnya. Sedangkan pada pasien yang meminum obat placebo tidak nampak penyembuhan.

Hiperlipidemia

DR. Fang Chu dari worker’s Hospital, Lieyukang, distrik Kiangsu, RRC, telah memberikan propolis kepada penderita hiperlipidemia (kadar lemak tinggi dalam darah), DR. Chu memberikan 0,3g propolis 3 kali sehari selama 4 minggu. Uji Minis menunjukan kadar lemak darah dan memberikan efek sangat baik bagi penyakit ateriosklerosis atau penyakit jantung,

Tukak

DR. Franz Klemens Feiks dari Klosterneuburg, Austria, menyatakan menggunakan 5% ekstrak propolis untuk perawatan tukak. “Kami memasukan 5 tetes dalam air minum sebelum makan, tiga kali sehari, 7 dari 10 yang diberi propolis tidak lagi mengalami sakit, Setelah 10 hari, 6 dari 10 pasien tidak lagi nampak bekas luka”. Sesuai penelitian DR. Feiks, penggunaan propolis bukan saja menyembuhkan penyakit tukak, tapi juga menyembuhkan bengkak dan luka dalam,

Herpes Zoster

Penyakit ini adalah penyakit letusan pada kulit seperti kadas, Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Letusan pada kulit di daerah pusat saraf. Gejala awal ialah munculnya lepuhan-lepuhan kecil diiringi rasa sakit, Dr. Feiks menyatakan, dia memberikan 5% campuran propolis, sekali sehari. Keseluruhan pasien (21 kasus) dilaporkan tidak lagi merasa sakit setelah 48 jam, dan rasa sakit tersebut tidak kambuh. 3 kasus mengalami rasa gatal cukup lama. Manfaat pengobatan didapat dengan cara mengoleskan propolis dibagian yang sakit.

Sahabat Wanita

Propolis dapat dianggap sebagai sahabat wanita, karena dapat membantu masalah ginekologi dan nyeri menstruasi. DR. LA. Brusilovski, DR. T.V. Vinogradova dan DR. G.R Zajceva dari klinik Obstetik dan ginekologi, Crimean Medical Institute telah menggunakan propolis sebagai obat luar.

 

Dokter-dokter dapat merawat wanita-wanita yang mengalami masalah uterus, cervixs, dan masalah vagina. Mereka mengoleskan propolis pada bagian yang bermasalah. Dalam waktu 5 hari terdapat efek penyembuhan. Setelah 12 hari pasien seluruhnya telah sembuh. Terdapat juga pasien-pasien yang tidak menunjukan reaksi sama sekali. Keadaan ini sebenarnya tidaklah mengherankan mengingat setiap individu adalah berbeda. Obat luar propolis terbukti dapat menyembuhkan 98% dari penderita masalah kewanitaan. “Dalam kasus pembengkakan vagina dan pangkal rahim, pemakaian propolis pada tempat bermasalah menghilangkan tanda-tanda trychomonadosis”.

Lapor DR. Henryk Suchy, M.D. ketua jurusan obsterik dan Ginekologi, Goczalkowic eZdroj, Polandia. Tablet vagina propolis telah digunakan untuk merawat pasien ini, Dilaporkan tanda-tanda infeksi pangkal rahim dapat hilang setelah tablet tersebut digunakan.” DR. J. Osmanagic, DR. Mujezinovic dan DR. L. Porajcic menyatakan menggunakan propolis untuk merawat pelajar putri yang mengalami dysmenorrhoea (nyeri haid). Propolis didapati meringankan rasa sakit pada 50 dari 60 siswi. Obat luar propolis tidak menyebabkan efek berbahaya dan peradangan Propolis dengan segera meredakan sel epitel yang bermasalah, “Keadaan gatal dan kering yang dialami oleh penyakit wasir juga diredakan oleh propolis”. Tidak mengherankan propolis disebut sebagai “sahabat wanita”.

Harapan Baru Untuk Pengobatan Kanker

Mitja Vosnjak, mantan Menteri Luar Negeri Yugoslavia dan mantan duta besar untuk Jerman Timur dan Austria menceritakan kisah Rudy, seorang rekannya yang mengidap kanker.

Seorang telah membawa sebotol propolis cair. Dokter yang merawat beliau menyarankan untuk meminum 15 tetes propolis dengan air ½ jam sebelum makan, tiga kali sehari. Pasien hanya diberikan pengobatan dengan propolis, Setelah beberapa hari Rudy berkata, “tidak ada lagi sakit, tidak ada lagi kejang-kejang, dan tidak ada lagi pendarahan, memang propolis sungguh menakjubkan.” Setelah enam minggu, selera dan berat badannya terus meningkat. Rudi dahulu mempunyai pipi yang merah, mata bersinar penuh gairah, bersemangat dan antusias dalam setiap langkahnya. :’jauh lebih menakjubkan ialah Rudy mulai merencanakan masa depan dan mempunyai harapan untuk bekerja seperti semula, untuk menggantikan waktu 7 tahun yang beliau habiskan selama sakit.”

Propolis telah membantu menyembuhkan Rudy dari kanker dan memberinya kesempatan kedua untuk hidup sehat.

Obat Nenek Moyang

Oleh karena propolis membentengi sarang lebah dari bakteri, prinsip yang sama boleh digunakan kepada pelbagai masalah kesehatan manusia. Propolis melindungi tubuh dan menghindari serangan penyakit. Berikut adalah sebagian manfaat dari penggunaan propolis.

Sakit Bibir dan Gusi

Campurkan beberapa tetes propolis ke dalam segelas air. Apabila dicampur dengan propolis, air akan berubah menjadi putih kekuningan. Minumlah campuran ini dua atau tiga kali sehari.

Memar

Campurkan sedikit propolis dengan madu, kompreskan pada bagian yang memar dengan bantuan kapas atau kasa, Diamkan 1 malam. Ulangi hingga sembuh.

Melepuh

Teteskan beberapa tetes propolis di tempat melepuh. Bagian melepuh akan terasa sejuk dan akan sembuh dalam waktu singkat.

Sakit Tenggorokkan

Teteskan beberapa tetes propolis di atas sekeping roti, lalu makan, Gunakan ia sebagai antibiotik alami. Propolis membantu menghancurkan mikroba dan virus penyebab penyakit ini.

Antibiotik Alami

Gunakan propolis untuk setiap masalah yang memerlukan antibiotik. Kelebihannya ialah tanpa efek samping yang tidak diinginkan seperti antibiotik buatan. Anda akan menjadi lebih sehat karena propolis adalah “obat alami” dan “antibiotik alami”. Anda juga dapat meredakan bengkak dengan propolis.

Masalah Kulit

Basahkan kapas dengan propolis dan usapkan dibagian yang bermasalah seperti jerawat, panu, kurap, dll. Ulang sesering mungkin terutama selepas mandi. Lebih baik kalau dibiarkan semalaman. Penyembuhan akan memakan waktu yang singkat.

Hidung Tersumbat

Minum propolis dengan air sekurang-kurangnya tiga kali sehari, Propolis membantu memulihkan infeksi hidung, mengurangi ingus, melegakan rongga pernafasan untuk membebaskan pernafasan yang tersumbat.

Masalah Pernafasan

Untuk gatal tekak dan batuk kronis, campurkan beberapa tetes propolis dengan madu dan teh herbal. Minum beberapa kali sehari. Propolis membantu menghilangkan gatal tenggorokan dan anda akan bernafas dengan lebih lega.

Patah Tulang

Gunakan propolis sepanjang hari. Banyak laporan menyatakan propolis membantu menyambung tulang seperti sedia kala.

Meningkatkan Kekuatan Fisik

 

Dalam bukunya “Miracle of Propolis” Mitja Vosnak, menyatakan sekumpulan pendaki gunung telah mencari sesuatu bahan yang dapat meningkatkan kekuatan mereka. Setelah memakan propolis, didapati mereka dapat mengarungi badai salju di kawasan pegunungan dengan penuh vitalitas. Untuk menghilangkan penat dan haus mereka minum air yang dicampur dengan madu dan propolis. “seorang dari mereka terjatuh dan mengalami cidera. Cidera ini dibasuh dengan campuran propolis dan didapati sembuh dengan cepat”. Mereka juga mengoleskan propolis pada kulit untuk mencegah kulit terbakar dan kulit pecah-pecah. Usaha ini terbukti berhasil, Mereka berhasil naik ke puncak disebabkan tenaga yang lebih kuat karena propolis.

Selesma dan Masalahnya

Penggunaan propolis dan produk lain dari lebah penting untuk perawatan sakit kerongkongan, batuk, selesma, tonsillitis, sinusitis, bau nafas serta infeksi mulut dan gusi. Dilaporkan seorang dokter di klinik Lubljana, Yugoslavia mempunyai seorang anak perempuan yang mengidap bengkak tonsil dan demam panas. Setelah dirawat dengan antibiotik biasa, demamnya bertambah kuat, dokter yang merawat pasien dengan penyakit yang sama memberitahu penggunaan propolis sangat baik untuk penyakit yang diderita. Isterinya yang mengetahui tentang khasiat propolis, kemudian memberikan permen yang direndam dengan propolis. Pengobatan ini diulang beberapa kali. Setelah 2 hari keadaan anak ini bertambah baik dan sembuh dalam waktu yang singkat, dengan kejadian inilah awal mula penelitian mendalam tentang khasiat ajaib yang dimiliki oleh anti biotik alami ini.

Influenza

Pada suatu masa di Sarajevo, serangan virus menyebabkan suatu wabah. Seorang doktor, DR. Izer Ismanagic dari University of Sarajevo, memilih 8 mahasiswa dan 5 dosen yang tidak memiliki tanda tanda influenza, Mereka memiliki risiko yang tinggi karena berhubungan dengan banyak orang. DR. Ismanagic mencoba membuat mereka kebal dengan memberikan propolis dan madu. Caranya ialah : makan campuran ini satu sendok teh setiap hari selama 40 sampai 50 hari. Dari kelompok ini terdapat hanya 9% yang terinfeksi. Ini membuktikan bahwa propolis bukan saja berfungsi sebagai antibiotik, tetapi juga menjadi sumber kekebalan dari penyakit.

Penyembuhan Kulit

Dr. Edith Lauda dari Austria meneliti tentang penggunaan propolis untuk masalah jerawat kronis dan masalah kulit lainnya. DR. Lauda telah beberapa kali memulihkan pasien-pasien beliau dengan menggunakan propolis. Satu kasus melibatkan seorang perempuan yang mengidap “acne conglobata” di dagunya selama 30 tahun. Penggunaan kemoterapi tidak membawa perubahan. Setelah 2 kali perawatan dengan propolis bengkak mulai berkurang. Seorang wanita lain yang berumur 40 tahun mengidap “acne pustulosa” memenuhi seluruh wajahnya. Penggunaan kemoterapi juga tidak membawa manfaat. Penyakit yang di derita ibu ini hilang sepenuhnya setelah menggunakan propolis selama 2 minggu.

Mudah Digunakan dan Menghasilkan Khasiat Dengan Cepat

Propolis dianggap sebagai anugrah Tuhan kepada manusia. Lebah menggunakan propolis dengan bermacam cara sebagai pertahanan untuk seluruh penghuni sarang. Jika digunakan oleh manusia, propolis menjadi obat alamiah untuk melindungi manusia dari berbagai masalah yang mengancam kesehatan. Jadikan propolis sebagai suplemen anda dan anda akan menikmati kesehatan yang anda impikan.

Konklusi

Propolis yang diambil dari pohon tertentu dianggap sebagai bahan penting dalam pertahanan dan perlindungan lebah yang hidup berdesakan dalam satu koloni. Propolis telah membantu lebah selama lebih dari 45 juta tahun dalam sistem pertahanan dari serangan musuh. Melalui penelitian yang panjang para llmuwan telah menggunakan Propolis untuk memulihkan dan menyembuhkan berbagai masalah kesehatan di seluruh dunia dan dengan sendirinya membuktikan bahwa propolis adalah penyembuh yang amat ampuh dan antibiotik yang dinamis Gunakan propolis sebagai supplement anda setiap hari. Propolis dapat membantu anda mewujudkan gaya hidup sehat alami.

~ oleh ryonature pada 22 November 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: